Panduan Lengkap Cara Daftar BLT UMKM Online yang Harus Kamu Ketahui

Panduan Lengkap Cara Daftar BLT UMKM Online yang Harus Kamu Ketahui – Assalamualaikum Sahabat Antrakasa! Saat ini, banyak pemerintah daerah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, proses pendaftarannya terkadang membingungkan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara lengkap cara daftar BLT UMKM online yang harus kamu ketahui. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas agar kamu bisa mendapatkan bantuan yang tepat dan cepat!

Panduan Lengkap Cara Daftar BLT UMKM Online yang Harus Kamu Ketahui

Apa itu BLT UMKM?

BLT UMKM adalah program bantuan langsung tunai yang diberikan oleh pemerintah kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi COVID-19. Program ini bertujuan untuk membantu UMKM agar dapat bertahan di tengah krisis ekonomi yang sedang terjadi.

Syarat dan Ketentuan Penerima BLT UMKM

Agar bisa menerima bantuan BLT UMKM, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Antara lain:

  • Mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB).
  • Mempunyai omset tahunan di bawah Rp 4,8 miliar.
  • Terdaftar sebagai wajib pajak dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Terdaftar sebagai badan usaha di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
  • Memiliki rekening bank yang masih aktif.

Cara Daftar BLT UMKM Online

Berikut adalah panduan lengkap cara mendaftar BLT UMKM secara online:

1. Pastikan Memenuhi Syarat dan Ketentuan

Sebelum mendaftar, pastikan bahwa Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah disebutkan di atas.

2. Kunjungi Website Resmi

Buka browser Anda dan kunjungi website resmi BLT UMKM di https://eform.bri.co.id/bltumkm/. Kemudian klik tombol “Daftar Sekarang”.

3. Isi Formulir Online

Isi formulir pendaftaran yang tersedia di website tersebut dengan benar dan lengkap. Jangan lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen yang diminta, seperti KTP, NPWP, NIB, dan sertifikat badan usaha.

4. Verifikasi Data

Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar di KTP. Masukkan kode verifikasi tersebut untuk memastikan data yang Anda masukkan benar dan valid.

5. Tunggu Pengumuman

Setelah mendaftar, tunggu pengumuman dari pemerintah atau BRI melalui website resmi BLT UMKM atau melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar di KTP.

Contoh Penyaluran BLT UMKM

Contoh penyaluran BLT UMKM adalah melalui rekening bank yang terdaftar saat pendaftaran. Bantuan tersebut akan ditransfer ke rekening masing-masing UMKM secara bertahap dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kesimpulan

BLT UMKM adalah program bantuan langsung tunai dari pemerintah untuk para pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. Untuk mendaftar BLT UMKM, pastikan Anda memenuhi semua syarat dan mengikuti panduan lengkap di website resmi. Semoga bantuan ini bisa membantu UMKM bertahan di tengah krisis ekonomi yang sedang terjadi.

Demikianlah panduan lengkap cara daftar BLT UMKM online yang harus kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengajukan BLT UMKM. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman atau media sosial kamu agar bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang.

Scroll to Top