Resep Cara Membuat Air Jahe Segar yang Mudah dan Praktis

Resep Cara Membuat Air Jahe Segar yang Mudah dan Praktis – Sahabat Antrakasa, selamat datang di artikel kami kali ini tentang resep cara membuat air jahe segar yang mudah dan praktis. Sudah tidak asing lagi bukan dengan khasiat jahe yang mempesona? Nah, kali ini kami akan berbagi cara membuat minuman segar dari jahe yang pastinya akan memanjakan lidah Anda. Untuk itu, yuk simak dan praktikkan resep berikut ini!

Resep Cara Membuat Air Jahe Segar yang Mudah dan Praktis

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

– Jahe segar (sekitar 2-3 ruas jari)

– Gula pasir (sesuai selera)

– Air (1 liter)

2. Siapkan Jahe

Kupas jahe segar dan iris tipis-tipis agar lebih mudah untuk direbus. Setelah itu, rebus jahe dalam air sebanyak 1 liter selama sekitar 15-20 menit sampai airnya berwarna kecoklatan dan wangi jahe tercium.

3. Tambahkan Gula Pasir

Setelah jahe matang dan airnya terlihat berwarna kecoklatan, tambahkan gula pasir sesuai dengan selera. Aduk rata sampai gula larut dan air jahe menjadi sedikit kental.

4. Saring Air Jahe

Setelah gula larut, saring air jahe yang sudah matang dengan menggunakan saringan halus untuk memisahkan ampas jahe dengan air jahe.

5. Tambahkan Es Batu

Siapkan gelas saji dan tambahkan es batu secukupnya. Tuang air jahe yang sudah disaring ke dalam gelas yang sudah berisi es batu.

6. Hidangkan

Sajikan air jahe segar yang sudah dingin di atas meja makan.

7. Air Jahe dan Manfaatnya

Air jahe segar tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Jahe mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan zat antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

8. Menjaga Sistem Pencernaan

Jahe juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan sakit perut.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah infeksi bakteri dan virus.

10. Penurun Kolesterol

Jahe juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Jahe juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

12. Cocok untuk Dikonsumsi di Siang dan Malam Hari

Air jahe segar bisa menjadi minuman yang cocok untuk diminum di siang atau malam hari. Selain menyegarkan, minuman ini juga dapat membantu menjaga stamina tubuh.

13. Kesimpulan

Membuat air jahe segar sangat mudah dan praktis. Hidangan ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, cobalah untuk membuat air jahe segar di rumah dan rasakan manfaatnya!

Selamat Mencoba!

Demikianlah resep cara membuat air jahe segar yang mudah dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk membuat minuman segar yang sehat dan lezat di rumah. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman atau ke sosial media agar lebih banyak orang yang dapat merasakan kesegaran dari air jahe yang enak ini. Salam sehat dan bahagia!

Scroll to Top